Kuota Mahasiswa Baru UGM Dikurangi

Diposting oleh Technology and Science Magazine | 07.35 | 0 komentar »

News Zone. Yogyakarta - Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun ini akan mengurangi jumlah mahasiswa baru yang akan diterima melalui jalur Seleksi Nasional Mahasiswa PTN (SNM PTN). Tahun ini UGM hanya akan menerima sebanyak lima persen saja.

"Ini merupakan hasil rapat kerja Universitas 23 April kemarin dimana UGM hanya akan menerima sekitar lima persen saja mahasiswa barunya dari jalur SNM PTN," kata Ketua Ujian Masuk (UM) UGM Budi Prasetyo di ruang Majelis Guru Besar UGM Yogyakarta, Kamis (15/5/2008).

Lebih lanjut Budi menambahkan, bahwa dengan kebijakan baru itu maka akan terjadi perubahan pula dari penerimaan mahasiswa baru pada jalur lain. Sebelumnya UGM menerima maksimal 30 persen dari total mahasiswa baru melalui program Penelusuran Bibit Unggul (PBU) dan ini masih akan berlaku tahun ini. Sedangkan untuk penerimanaan mahasiswa baru dari jalur Ujian Tulis (Utul) akan bertambah dari 52 persen menjadi 65 persen.

"Dari 3 program penerimamaan mahasiswa baru itu yang akan berubah adalah untuk Utul dan SNm PTN tadi," tambahnya.

Bagi calon mahasiswa baru yang diterima lewat PBU tambah Budi yang kurang berkemampuan ekonomis berjumlah 319 orang. Sebanyak 154 orang diantaranya akan dibiayai penuh oleh UGM selama 8 semester. Sedangkan untuk 165 orang lainnya akan dibiayai oleh pemerintah atau instansi daerah melalui pola sponshorship.

"UGM sudah siapkan 1000 beasiswa Sumbangan Peningakatan Mutu Akademik atau SPMA bagi mereka yang berkemampuan ekonomis dan daftar lewat Utul atau SNM PTN," tuturnya.

0 komentar